Search this Blog

Selasa, 15 Maret 2011

3 Serangkai Jenderal terkemuka Sekutu dan Jerman

Bernard Law Montgomery (lahir 17 November 1887 – meninggal 24 Maret 1976 pada umur 88 tahun), yang dijuluki "Monty", adalah seorang perwira Angkatan Darat Britania Raya. Ia berhasil memimpin pasukan Sekutu, sebuah pertempuran penting pada Perang Dunia II, dimana pasukannya berhasil mengusir pasukan Blok Poros dari Afrika Utara yang dipimpin oleh Jenderal Erwin Rommel. Ia lalu menjadi komandan penting di front Italia dan Eropa Barat, dimana ia mengkomandani seluruh pasukan darat Sekutu pada Invasi Normandia. pada Pertempuran El Alamein.


George Smith Patton Jr. (11 November 1885 – 21 Desember 1945) adalah seorang jenderal Angkatan Darat Amerika Serikat pada Perang Dunia II. Dalam 36 tahun kariernya di angkatan darat, Ia menjadi Kadet Ajudan di West Point, menjadi juara lima Modern Pentathlon pada Olimpiade 1912 di Swedia, lulus Sekolah Kavaleri di Perancis pada 1912 dan 1913, dijadwalkan untuk ikut dalam Olimpiade 1916 yang seharusnya diadakan di Berlin, menjadi pendukung peperangan lapis baja, dan mengkomandani pasukan di Afrika Utara, Sisilia, dan Eropa. Patton terkenal sebagai pejuang murni yang tak kenal ampun dan ganas, dan diberi julukan "Old Blood and Guts" (Darah dan Jeroan Tua), nama yang muncul setelah seorang wartawan salah mengutip dia mengatakan "it takes blood and brains to win a war". Sejarah mencatatnya sebagai pemimpin militer yang brilian, yang juga sering tidak patuh dan kadang-kadang tidak stabil.
 Erwin Johannes Eugen Rommel  (lahir 15 November 1891 – meninggal 14 Oktober 1944 pada umur 52 tahun) adalah seorang komandan pasukan Jerman pada era Perang Dunia II. Perdana Menteri Britania Raya Sir Winston Churchill, yang waktu itu adalah musuh bebuyutan Jerman, pernah terang-terangan memberikan salut kepada jenderal jenius ini di Parlemen. Pada akhir hayatnya ketika ditanya mengapa dia memuji musuh, Churchil mengatakan "Saya tidak menyesal memuji Rommel".

Sumber: Wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar