Search this Blog

Sabtu, 19 Februari 2011

Wehrmacht

Wehrmacht adalah nama angkatan bersenjata Nazi-Jerman sejak tahun 1935 hingga 1945. Selama Perang Dunia II, Wehrmacht terdiri dari Heer (angkatan darat), Kriegsmarine (angkatan laut), Luftwaffe (angkatan udara) dan pasukan Waffen-SS ("SS Bersenjata"), serta ditambah unit-unit Sturmabteilung (SA).

Heer (angkatan darat)
Luftwaffe (angkatan udara)

Kriegsmarine (angkatan laut)

Sturmabteilung Logo
Sturmabteilung (disingkat SA) adalah organisasi paramiliter Partai Nazi pada masa Republik Weimar. SA berperan penting dalam naiknya Nazi ke tampuk kekuasaan. Sesudah Machtergreifung, SA menjadi barisan bantu polisi. SA kehilangan perannya pada tahun 1934 menyusul pembunuhan terhadap pimpinan mereka, Ernst Röhm. Hal itu dilakukan sebagai langkah pencegahan terhadap upaya Röhm-Putsch.







Gestapo (akronim dari Geheime Staatspolizei; "polisi negara rahasia") adalah polisi rahasia resmi Nazi Jerman. Di bawah administrasi SS, dia diadministrasi oleh RSHA dan dianggap sebuah organisasi ganda Sicherheitsdienst dan juga subkantor Sicherheitspolizei.
Awalnya Gestapo merupakan Polisi Rahasia Prusia (Preußische Geheimpolizei) dan dipimpin oleh Rudolf Diels. Nama "GESTAPO" (pertama kali disebut "GESTAPA") mulai populer setelah pimpinannya dijabat oleh Hermann Göring, (Panglima "Luftwaffe", Angkatan Udara Jerman) tahun 1934. Peran GESTAPO kadang hampir sama dengan SS. Namun GESTAPO lebih berperan layaknya FBI di Amerika Serikat.




Waffen-SS adalah unit bersenjata dari barisan pengawal Hitler yang ditakuti, SS atau Schutzstaffel. Pada mulanya, Para anggotanya terdiri atas para pemuda pilihan yang memiliki fisik kuat dan telah teruji kemurnian ras Arya mereka.
Unit ini terbentuk dari tiga bagian SS, yaitu :
  • Leibstandarte (pasukan pengawal pribadi Hitler);
  • SSVT (SS-Verfuegungstruppe, atau pasukan khusus SS);
  • dan SSVT (SS-Totenkopfverbaende, unit penjaga kamp konsentrasi SS).
Ketiganya, beserta sebuah unit kepolisian yang dimiliterisasikan, digabungkan di bawah bendera Waffen-SS pada bulan Desember 1940.
Selama Perang Dunia II, kekuatan Waffen-SS membengkak menjadi kira-kira 40 divisi. Akan tetapi tidak semuanya beranggotakan orang Jerman. Ketika jumlah korban semakin meningkat, Waffen-SS menerima para sukarelawan asing untuk bertempur di bawah panjinya. Dimulai dari orang-orang Eropa Barat yang dianggap berkerabat dengan orang Jerman (Skandinavia, Belgia, Perancis, dan Belanda), barisan bersenjata SS ini kemudian dibanjiri oleh para sukarelawan Ukraina, Rusia, Kosak, Baltik, kaum Muslim Balkan, Soviet serta India).
Di medan perang, Waffen-SS, terutama divisi-divisi panzernya, sangat disegani oleh lawan maupun kawan. Akan tetapi kebanyakan unit lainnya, terutama yang berasal dari sukarelawan Balkan dan Uni Soviet kebanyakan tidak tepercaya.
Setelah perang, unit ini dihukum oleh Pengadilan Nuremberg sebagai sebuah organisasi kriminal. Hal ini bukan hanya dikarenakan keterkaitannya dengan kamp-kamp konsentrasi dan unit-unit pembunuh mobil SS namun juga karena tindakan kekejaman terhadap penduduk sipil maupun tawanan perang yang dilakukan sejumlah unit tempurnya.

Schutzstaffel (bahasa Jerman untuk "Skuadron Pelindung"), disingkat  (Rune) atau SS (Latin), adalah organisasi keamanan dan militer besar milik Partai Nazi Jerman.
Adolf Hitler mendirikan SS pada April 1925, sebagai satuan pengawal pribadi. Dengan berlalunya waktu, satuan kecil pengawal ini berkembang dari 300 anggota pada 1925 menjadi 50.000 pada 1933 saat Hitler memegang kekuasaan. Orang yang bertanggung jawab atas perkembangan ini ialah Heinrich Himmler, yang memimpin SS dari 1929 sampai 1945. Para anggota Nazi menganggap SS sebagai satuan elit "Penjaga Praetoria", dengan perwira-perwiranya dipilih dengan dasar kemurnian ras dan kesetiaan yang sangat tinggi pada Partai Nazi.
Antara 1934 dan 1936 SS dibagi menjadi dua sub-unit utama, yaitu Allgemeine-SS (SS Umum), sayap politis SS, dan Waffen-SS (SS Bersenjata), sayap militernya. Waffen-SS ini lalu berevolusi menjadi tentara Jerman kedua dalam Wehrmacht, yang sama-sama bertempur berdampingan dengan angkatan darat reguler Jerman, Heer. Waffen-SS dikenal dengan kemampuan bertempurnya yang mumpuni, namun mereka juga terkenal karena kejahatan perang terhadap warga sipil dan tahanan perang.
Dengan semakin kuatnya Partai Nazi, fungsi-fungsi pemerintahan seperti pertahanan keamanan diambil alih oleh SS, dan banyak organisasi SS yang secara de facto menjadi badan pemerintahan. Untuk mempertahankan kekuatan politik Partai Nazi, SS diberikan wewenang untuk mendirikan dan menjalankan Sicherheitsdienst (SD), yang merupakan badan keamanan dan intelejen. Lalu juga Geheime Staatspolizei (Gestapo), yaitu polisi rahasia SS. Semua ini membuat SS jadi bisa berjalan diatas hukum.
Heinrich Himmler, pemimpin SS, merupakan salah satu pencetus Solusi Terakhir. SS Einsatzgruppen ditugaskan membunuh warga sipil, khususnya orang Yahudi, di negara-negara yang dikuasai Jerman pada Perang Dunia II. SS juga bertanggung jawab atas pelaksanan kamp konsentrasi, dimana banyak sekali tahanan tewas. Setelah perang berakhir, Pengadilan Nuremberg menyatakan bahwa SS merupakan organisasi kriminal yang bertanggung jawab atas kejahatan perang dan pejahatan terhadap kemanusiaan.

Sumber: Wikipedia






Tidak ada komentar:

Posting Komentar