Search this Blog

Selasa, 07 Juni 2011

Ku Klux Klan, kelompok paling biadab di dunia?musuh utama orang kulit hitam



Quote:
Spoiler for kkk:


asal mula ku klux klan(generasi I)

kebencian yang ditebar dan kekerasan yang dilakukan ku klux klan bermula dari dendam kesumat ras kulit putih di negara-negara bagian wilayah selatan amerika serikat dan kaum kofederasi terhadap ras kulit hitam pasca perang sipil. Saat itu, orang-orang kulit hitam dibantai orang-orang kulit putih anggota ku klux klan. Pemicunya adalah kemenangan kulit hitam yang membebaskan mereka dari jerat perbudakan. Pada masa kejayaannya, ku klux klan berhasil merebut lebih dari 3 juta anggota. Meski kemudian keberuntungan ku klux klan susut, tapi riwayat komplotan ini tak pernah benar-benar tamat.

Orang-orang di wilayah perbatasan amerika serikat sebelah selatan pada masa awal negara ini berdiri bersikukuh memperjuangkan individualism dan membela kaum tertindas. Kemudian, muncul peradilan dan kewaspadaan masyarakat di wilayah perbatasan amerika serikat. Sebelum perbudakan dihapus, sekelompok centeng selalu berpatroli di area perkebunan para juragan. Mereka bertujuan mencegah pemberontakan para budak. Mereka tak segan mencambuk bahkan membunuh budak yang ditangkap karena melanggar jam malam. Setelah terjadi pemberontakan berdarah para budak, kulit putih terpaksa menelan pil pahit kekalahan mereka. Merasa kehilangan kekayaan yang didapat dengan harga murah bahkan gratis, orang-orang kulit putih pun mendendam. Inilah pemicu kekerasan yang dilakukan ku klux klan.

Ku klux klan dicetuskan pada musin dingin di tahun 1863 oleh enam pemuda mantan anggota konfederasi di kota kecil pulaski, tennessee. Semula komplotan ini hanya sekumpulan pemabuk yang rutin menebar hura-hura. Karena pemabuk, maka setiap anggota komplotan ini memiliki sebutan nama-nama konyol, seperti grand cyclops, grand magi, grand turk dan grand scribe. Meski beragam nama konyol disandang setiap anggota, tapi mereka semua menamai kesatuannya “setan kubur”. Komplotan ini memilih kata kuklos dari bahasa yunani yang berrti lingkaran. Secara kebahasaan, kata ini sakral. Tapi mereka mempermainkan kata tersebut hingga menjadi ku klux klan karena para penjahat yang mempublikasikan, nama ku klux klan terdengan paling menakutkan di seluruh pelosok amerika serikat.

Spoiler for pendiri pertama kkk:



Spoiler for map of tennessee:



Spoiler for lambang kkk:



sementara itu, para anggota legislatif negara-negara bagian wilayah selatan tak mau mencabut cakar kekuasaannya yang sejak lama menghisap darah orang-orang kulit hitam. Karena itu mereka menciptakan undang-undang restriktif yang kemudian dikenal dengan nama black codes. Melalui undang-undang ini, mereka kebiri kemerdekaan bangsa kulit hitam dan berambisi memperbudak mereka sepanjang masa.

Spoiler for black codes:



presiden andrew johnson menutup mata. Dia sengaja membiarkan tindakan rusak para anggota legislatif state southern di wilayahnya. Tapi kongres amerika tidak setuju terhadap black codes dan berkehendak agar para senator bagian wilayah-wilayah selatan itu tidak mendapat kursi di parlemen pada tahun 1865. Tapi rencana ku klux klan sangat matang dengan menerapkan kekerasan yang dilancarkan kulit putih di negara-negara wilayah bagian selatan.

Spoiler for presiden andrew johnson:



tradisi awal ku klux klan adalah berkendara pada malam hari. Akhirnya mereka menggunakan cara baru yang lebih seram. Mereka menyembunyikan identitas diri di balik jubah putih dan menciptakan keributan di jalan pulaski. Mereka menggunakan topi kerucut yang sekaligus menjadi topeng menyeramkan. Mereka juga mengadakan upacara “pembaptisan” bagi anggota baru dengan ritual plonco dan sumpah-sumpah konyol.

Spoiler for kkk:



Spoiler for upacara:



Spoiler for kkk:



Spoiler for kkk:



saat komplotan ku klux klan bertambah besar, maka semakin menderita orang-orang kulit hitam. Pada malam hari, komplotan ini bergentayangan lengkap dengan atribut kebesarannya. Di kegelapan itulah mereka salurkan hobi membakar rumah-rumah warga kulit hitam. Mereka tebar terror kekerasan kepada orang-orang kulit hitam yang mereka anggap “tak tahu diri”. Meski mendapat perlawanan dari orang-orang kulit hitam, ku klux klan tak berhenti menumpahkan darah para mantan budak itu. Inilah yang menstimulir munculnya komplotan kulit putih di berbagai negara-negara bagian. Dengan cepat, pengaruh ku klux klan menyebar hingga ke luar wilayah pulaski.

Spoiler for kkk:



dalam waktu 2 tahun, ku klux klan berhasil melebarkan sayap hingga ke tennesse, alabama, georgia, dan mississipi. Saat itu anggotanya berjumlah ribuan orang. Karena itu, ku klux klan leluasa menebar terror melalui atraksi missal dengan tujuan mengintimidasi seluruh lapisan masyarakat, baik kulit hitam maupun kulit putih. Di beberapa wilayah di amerika, ku klux klan menjadi pemerintahan bayangan. Komplotan ini memiliki agen-agen spionase sebagai sumber datanya. Mereka adalah orang-orang penting di amerika serikat; para redaktur surat kabar terkenal, menteri, mantan pejabat konfederasi dan para pemimpin partai politik. Mereka tak segan-segan mengadili siapapun yang mengancam eksistensinya. Saat itu, ku klux klan dipimpin oleh jenderal nathan bedford forrest, pejabat kavaleri konfederasi sekaligus jagoan ulung ku klux klan. Dia berkeliling wilayah selatan amerika serikat untuk membuka cabang-cabang baru dan mengkoordinasi aktivitas-aktivitas ku klux klan.

Spoiler for jenderal nathan bedford forrest:


dalam film forest gump dia dikisahkan sebagai kakek buyut forest


pada musin panas 1868, sejumlah mutilasi, pembunuhan massal, hukuman mati merajalela di wilayah selatan. Kondisi politik memburuk menciptakan situasi anarkis dan tanpa hokum. Ketiak itu komplotan ku klux klan saling bertarung satu sama lain. Kongres amerika turun tangan dalam penyelesaian kasus ku klux klan. Akhirnya, pada bulan januari 1869, forrest membubarkan ku klux klan. Dia hendak cuci tangan setelah terlibat dengan komplotan ini. Tapi pembubaran ini tak menghentikan kekerasan dan terror yang dilakukan komplotan ku klux klan. Kekerasan terhadap warga sipil tak berkurang, meski para anggota legislative negara-negara wilayah bagian selatan telah menetapkan undang-undang keras dan ketat untuk menghadapi komplotan ku klux klan.

Spoiler for kkk:



Spoiler for kkk:



tahun 1871, kongres amerika dengan tegas melarang organisasi ku klux klan. Mereka dilarang berkendara pada malam hari dan dilarang mengenakan topeng. Jika tetap melakukan itu, berarti mereka melanggar hukum. Presiden menetapkan undang-undang kepolisian bagi negara-negara bagian di wilayah selatan amerika serikat yang menyebabkan anggota ku klux klan banyak tertangkap. Meski banyak yang tertangkap dan nyata berbuat kejahatan, tapi sangat sedikit yang dipenjara. Ku klux klan tak henti mencipta bencana dengan menghilangkan para pemilih kulit hitam dari tempat-tempat pemungutan suara. Akhirnya partai demokrat di negara-negara wilayah bagian selatan amerika berhasil memenangkann pemilu dan kemudian menyisihkan warga kulit hitam dengan cara paling halus, yaitu menjalankan politik “separate but equal” (terpisah tapi setara). Politik ini membius amerika hingga 80 tahun lamanya.
sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Ku_Klux_Klan


sumber: kaskus.com

2 komentar:

  1. Apakah orang kulit hitam yg dibunuh oleh ku klux klan beragama kristen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mereka adalah kelompok ekstrimis dan radikal yang berfaham fasis. Mereka juga berpendirian seperti Nazi Jerman, mereka seorang berpikir bahwa ras kulit putih adalah yang terbaik. Kebanyakan mereka adalah katolik, ortodox, dan katolik vatican yang radikal. Orang kulit hitam yang dibantai itu sendiri kebanyakan beragama kristen protestan seperti bapak gereja protestan martin luther jr yang juga kulit hitam. Kelompok ku klux klan tersebut seperti halnya seorang muslim yang radikal dan extermis yang biasanya dikenal sering membuat teror.

      Hapus