Search this Blog

Rabu, 12 Maret 2014

Mencegah Motor Mogok Saat Banjir

 motor mogok

Bagi pengendara sepeda motor yang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, perlu waspada menghadapi banjir atau genangan air apalagi saat musim hujan. Jika hal ini tidak dihiraukan, maka dapat menyebabkan mogok pada motor kita. Beberapa pengendara di saat musim hujan tiba, lebih memilih menggunakan kendaraan umum dari pada membawa kendaraan sendiri, karena dirasa lebih ribet ditambah lagi jika kondisi jalan berlubang menyebabkan motor mogok. Banjir memang membawa kesulitan, selain jalan macet aktivitas juga terhambat.

Saat keadaan mendesak dan harus mengendarai sepeda motor di saat hujan, maka tidak ada pilihan lain selain menerobos banjir tersebut. Namun tak perlu terlalu khawatir, karena ada cara yang dapat mencegah motor mogok. -          Jika ingin menerobos banjir usahakan tidak memainkan gas, terutama pada motor kopling. Jadi mainkan setengahnya saja dan tahan gas agar tetap stabil sampai melewati banjir.
-          Jika motor mesin mati saat menerobos banjir, jangan di starter lagi. Sebaiknya langsung  bongkar mesin sebelum kena semua.
Saat motor menerobos air yang tingginya mencapai bibir knalpot dan terus memutar gas, maka pada knalpot terjadi proses keluar masuk angin yang menyebabkan air gampang masuk ke dalam knalpot. Jika pengendara membongkar mesin hendaknya memperhatikan radiator apakah sudah kering dan bersih dari air. Jika semuanya telah selesai pasang kembali, dan hidupkan motor dengan menggunakan starter kaki.  Cara ini sangat penting khususnya bagi pengendara yang menggunakan sepeda motor sebagai alat transporasi utamanya.

sumber: http://www.lupabaca.com/mencegah-motor-mogok-saat-banjir.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar