Search this Blog

Sabtu, 05 November 2011

Kota di Amerika – Los Angeles part 1 ( East vs West )

Kota di Amerika – Los Angeles part 1 ( East vs West )

“Kota di Amerika” adalah seri tulisan mengenai kota kota yang pernah saya kunjungi di Amerika, so ini sekilas mengenai kehidupan di kota kota ini.
map-of-LA
Los angeles, notabene adalah ibukotanya west coast di Amerika. LA lebih terkenal sebagai kota hollywood, glamour, beverly hills, artis dan sebagainya. Pertama kali mendarat di LA, yang dibayangkan yah jalan-jalan yang ada pohon palemnya, banyak artis di jalan, glamourous dan metropolitan. Tapi kaget juga, pas sampai kesan pertama ialah, kotanya dimana yah ? koq nggak ada gedung tingginya ? hahaha. That’s typical reaksi orang asia yang datang ke LA. Teman saya yang dari Hongkong pas dateng juga kaget, lho ini toh yang namanya Los angeles. Terus terang aja kesannya seperti kampung gede. Jarang gedung tingginya, dan perumahannya juga nggak modern seperti di Asia.
Kebanyakan orang bakal nggak betah kalo suka keramaian, pasar kaki lima, jajanan soalnya di LA nggak ada  yang kaya gituan. LA ini juga luas banget, mungkin lebih gede dari DKI Jakarta. Antara West LA dan East LA juga beda banget. West LA, lebih banyak orang bulenya, well lebih kaya di luar negeri deh hidupnya, hahaha. Downtown dan East LA lebih banyak orang meksiko ( orang madura, ini slangnya orang indo amrik disini. soalnya kalo ngomong orang meksiko ketauan nggak enak ;-) )
Orang yang suka tinggal di West LA biasanya nggak suka tinggal di East LA. Cuacanya emang beda juga, karena West LA itu lebih dekat ke laut, jadi cuacanya rata-rata lebih sejuk dibanding East LA ( bagian valley / lembah ). Hidup di West LA juga lebih mahal, mulai dari sewa / beli apartement/rumah sampai makanan. Jenis makanan di West LA kebanyakan makanan bule. Makanan asia bisa dihitung dengan jari, makanan chinesenya rata-rata sudah nggak authentic, jadi lebih ke lidah orang bule.
downtown LA
East LA ini lebih beda, imigran yang tinggal disini kebanyakan orang meksiko dan asia. Di East LA ada daerah yang namanya San Gabriel Valley, daerah ini bisa dibilang 70% orang Asia semua. Cari makanan paling enak di daerah sini, soalnya kebanyakan lebih murah dan authentic banget. Ntar saya bakalan cerita mengenai kantung kantung komunitas imigran di Los Angeles ini, biar lebih lengkap.
So far kalau saya sendiri sih lebih suka tinggal di East LA, mungkin karena doyan makan kali yah ? hahaha. Kalau di West LA enaknya sekolah, hang out, chill out lebih asik. Banyak daerah wisata dan jalan-jalan seperti Venice beach, Santa Monica pier, Third street promenade itu semuanya di West LA.
Nah, gedung gedung tinggi itu kebanyakan, well bukan kebanyakan, emang adanya cuman di Downtown aja. Downtown LA ini boleh terbilang kumuh. So nggak seperti di pusat perkantoran Thamrin Sudirman gitu. Aneh yah ? tapi sekarang ini lagi direnovasi dan mulai terlihat bhttp://www.blogger.com/post-edit.g?blogID=279104102405179668&postID=2248169646235045639aru. Downtown LA ini kalau boleh dibilang mirip Tanah Abang campur Thamrin, tapi lebih banyak Tanah Abangnya, hahaha.
Hollywood strip juga agak kumuh, cuman di bagian Hollywood & Highland aja ( ini nama jalan ) yang mulai dibangun mall gede dan Kodak Theater karena ini adalah tempat wisata turis. Kalau kamu jalan ke pinggir sedikit aja, daerahnya udah keliatan nggak bagus. Dulunya dekat daerah hollywood ini adalah Little Armenia, tapi sekarang Armenian nya pada pindah ke daerah Burbank dan Glendale ( north LA ), Little Armenia sekarang menjadi Thai town.  Banyak bisnis dan restaurant thailand disini. Enak enak makanannya dan authentic banget.


http://pecelbule.com/969/kota-di-amerika-los-angeles-part-1-east-vs-west/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar