Search this Blog

Sabtu, 05 November 2011

Cara apply sekolah di Amerika

Cara apply sekolah di Amerika
UCLA Cheerleaders
Mau sekolah di Amerika? Sulit tidak ya? Gampang tidak ya masuk sekolahnya? Pelajarannya nanti bagaimana ya? Tenang, teman- teman tidak perlu takut untuk bersekolah di Amerika. Saya akan membagikan beberapa tips yang berguna bagi teman- teman yang ingin bersekolah di Amerika.
Pertama- tama, untuk bersekolah di Amerika, teman- teman perlu untuk menentukan tempat tinggal dahulu. Pilih dulu kira- kira nanti mau tinggal di daerah yang bagaimana, dalam arti suhu udaranya nanti bagaimana, kepadatannya seperti apa dan yang paling penting banyak mal- mal atau tempat- tempat hiburannya tidak. Sebagai contoh, saya memilih tinggal di kawasan Los Angeles karena ada saudara disini serta suhu udara di kawasan Los Angeles enak ( mirip- mirip kayak di Surabaya dulu). Disamping itu, banyak tempat- tempat hiburannya juga lohh.. Tempat tinggal ini menjadi salah satu factor yang mendukung bagi kelancaran study temen- temen.

Kedua, saatnya temen- temen untuk memilih sekolah yang diinginkan. Untuk mengetahui sekolah apa yang tepat, temen- temen dapat tanya dari orang- orang yang sudah berpengalaman dibidang pendidikan di Amerika. Sebagai contoh, temen- temen dapat meng-contact orang yang bersangkutan dengan sekolah yang saudara pilih pertama kali. Anda dapat bertanya tentang banyak hal kepada orang itu. Selain itu, saudara dapat juga bertanya kepada agent- agent yang ada di kota di mana saudara berada. Sebagai contoh, dulu saya bertanya kepada guru inggris saya dan juga agent yang ada di kota tempat saya tinggal serta bertanya kepada saudara saya yang lebih dahulu pindah ke Amerika.
Ketiga, saudara perlu mengisi formulir pendaftaran untuk sekolah yang akan saudara masuki. Untuk formulir pendaftaran, temen- temen tidak perlu datang jauh- jauh ke Amerika karena biasanya sudah tersedia di internet (di website sekolahnya). Saudara dapat menge-print formulir tersebut dan melihat apa- apa saja yang diperlukan/ dibutuhkan oleh sekolah yang bersangkutan. Setelah semuanya beres, temen- temen bisa mengirimkan data- data penting tersebut ke sekolah yang temen- temen idamkan. Data- data tersebut perlu dikirim karena ada dua hal penting yang perlu diperhatikan.

Sekolah perlu menilai apakah saudara pantas masuk di sekolah tersebut atau tidak, selain itu jika sekolah telah memutuskan saudara dapat bergabung dengan mereka, saudara akan diberi I-20, yang mana merupakan surat penting dari sekolah untuk meng-apply visa student dari Indonesia.



I-20 nanti itu perlu ditunjukan ke kedutaan besar Amerika agar saudara diberi ijin untuk bersekolah di Amerika. Disaat saudara mau meng-apply visa student, temen- temen perlu melampirkan bukti pembayaran SEVIS fee yang mana sangat penting. Untuk keterangan lebih lanjut temen- temen dapat melihat di https://www.fmjfee.com/i901fee/.. Disana akan dijelaskan apa itu SEVIS fee dan seberapa besar uang yang harus saudara bayarkan. Bukti pembayaran ini akan membantu melancarkan proses pembuatan visa temen- temen.
Jika ketiga langkah telah terlaksana dengan baik, temen- temen dapat melihat kapan teman- teman harus mulai masuk atau berada di Amerika. Temen- temen dapat melihat tanggal tersebut pada surat balasan sekolah tadi (yang datang bersamaan dengan I-20 temen- temen). Jangan sampe kelewatan lowh karena ada banyak hal penting yang harus temen- temen lakuin di awal kedatangan temen- temen di sekolah yang diidamkan. Hahahhaa..
Semoga tips- tips ini dapat membantu temen- temen untuk mendapatkan sekolah yang baik dan memperlancar proses- proses yang ada.
Salam, penulis.. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar