Search this Blog

Minggu, 03 April 2011

Lagu The Beatles untuk Alien

Teori pakar astrofisika, Stephen Hawking, mengenai kemungkinan adanya kehidupan mahluk luar angkasa (alien) di alam semesta mengingatkan kembali “perbuatan iseng” yang pernah dilakukan Badan Antariksa Amerika Serikat (AS), NASA.
Dua tahun lalu, NASA mengirim sinyal ke luar angkasa berupa sebuah tembang dari grup pop legendaris The Beatles.
Tembang itu berjudul, “Across the Universe” (Melintasi Alam Semesta). Sama seperti Hawking, para ilmuwan NASA percaya bahwa ada kehidupan lain di luar Bumi, bahkan di luar galaksi yang dihuni Matahari dan keluarganya.
Mengapa yang dipilih tembang “Across the Universe”? Menurut laman CNBC, lagu ini, merujuk pada syairnya, merupakan ungkapan pesan damai dari NASA kepada mahluk lain di luar sana. Selain itu juga merayakan 40 tahun penggarapan hit karya duo John Lennon dan Paul McCartney itu – yang merupakan punggawa The Beatles.
Kebetulan, pimpinan dan para teknisi NASA juga gandrung dengan The Beatles. “Menyenangkan sekali, apalagi mengingat ‘Across the Universe’ adalah lagu Beatles favorit saya,” kata Dr. Barry Geldzahler, seorang eksekutif program misi khusus NASA.
Tembang itu dikirim NASA pada 4 Februari 2008 dari stasiun transmisi Deep Space Network di Madrid, Spanyol. Sinyal itu disampaikan ke Bintang Utara (North Star), di jagat Polaris, yang berjarak sekitar 4.000 triliun km dari Bumi. Itulah sebabnya, menurut perhitungan NASA, sinyal itu dengan kecepatan 186.000 mil per detik tampaknya baru sampai ke tujuan pada tahun 2439.
Sebagai personil The Beatles, McCartney saat itu mendukung langkah NASA mengirim lagu gubahannya itu ke jagat tetangga. “Mengagumkan! Sangat luar biasa, NASA!” kata McCartney dalam sebuah pesan yang dimuat di laman NASA. “Titip salam untuk para alien,” kata McCartney.
Sedangkan janda Lennon, Yoko Ono, menyebut transmisi lagu tersebut sebagai peristiwa penting. “Ini merupakan permulaan zaman baru di mana kita bisa berkomunikasi dengan miliaran planet di jagat raya,” kata Ono.
Selain digunakan sebagai pesan damai, lagu itu bisa jadi juga menyampaikan permohonan kepada alien agar tidak mengganggu Bumi. Ini sesuai dengan petikan syair dalam Across the Universe: “Nothing’s Gonna Change My World (Takkan ada yang Mengubah Duniaku).
Sumber: http://koranbaru.com/lagu-the-beatles-untuk-alien/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar